Minggu, 13 April 2014

Cara Pengukuran Jarak antara dua titik



Pada permasalahan tata letak fasilitas, titik yang dijadikan acuan dalam pengukuran bisa menggunakan titik dari proses input-output. Cara ini lebih mendekati kondisi yang sebenarnya dilapangan, kelemahan dari cara ini terkadang informasi titik ini tidak diketahui secara lengkap. Cara lain yang biasa digunakan adalah dengan mengukur jarak dari pusat fasilitas, cara ini lebih mudah dilakukan, namun kelemahannya jika fasilitas yang akan disusun mempunyai bentuk yang tidak rectangular, yang sulit untuk mencari titik tengahnya.

Pengukuran jarak dari suatu titik terhadap titik yang lain secara aktual akan tergantung dari sistem material hadling yang digunakan, keahlian tenaga kerja, dsb. Untuk keperluan penelitian ataupun akademik pada umumnya digunakan pendekatan, beberapa cara yang sering digunakan menurut Heragu (2008) adalah sebagai berikut: 


 Jarak Euclidean
Jarak Euclidean merupakan jarak yang diukur lurus dari pusat fasilitas yang satu ke fasilitas yang lain. Meskipun cara ini kurang realistis, tetapi pada umumnya sering digunakan karena cara ini mudah dimengerti dan mudah dimodelkan. Aplikasi dari dari jarak Euclidean pada umumnya bisa kita jumpai pada beberapa model konveyor, sistem transportasi dan distribusi. Formulasi dari jarak Euclidean sebagai berikut:


Jarak Square Euclidean
Sebagaimana namanya, jarak square Euclidean merupakan jarak dengan cara mengkuadratkan jarak antar dua fasilitas yang akan diukur. Cara ini jarang sekali digunakan dalam pengukuran tata letak fasilitas. Formulasi dari jarak square Euclidean sebagai berikut:

Jarak Rectilinear
Jarak Rectilinear atau jarak manhattan adalah jarak yang diukur tegak lurus dari pusat fasilitas ke fasilitas yang lain. Cara ini banyak digunakan sebab mudah dalam perhitungan, mudah dimengerti, dan cocok untuk beberapa permasalahan pada bidang tata letak fasilitas. Misalnya untuk menentukan jarak antar kota, jarak antar fasilitas yang mengggunakan sistem pemindahan material yang hanya bisa bergerak tegak lurus. Formulasi dari jarak Rectilinear sebagai berikut:



 
Jarak Tchebychev
Jarak Tchebychev antara fasilitas satu dengan fasilitas yang lain dihitung dari nilai terbesar diantara jarak sumbunya. Jika jarak fasilitas I dengan fasilitas j pada sumbu x lebih besar dari jarak pada sumbu y, maka jarak yang digunakan adalah jarak yang terbesar yaitu jarak sumbu x. Misalkan jarak fasilitas I ke j pada sumbu x adalah 7, sedangkan pada sumbu y adalah 5, maka jarak Tchebychev adalah 7. Formulasi dari jarak Tchebychev sebagai berikut:


Jarak Aisle
Jarak Aisle berbeda dengan cara pengukuran jarak yang sebelumnya, cara ini dilakukan dengan mengukur jarak aktual sepanjang lintasan yang dilalui oleh alat angkut pemindah bahan. Jarak aisle biasanya digunakan pada saat perencanaan atau saat evaluasi. Misalkan untuk mengukur jarak dari fasilitas I ke j harus melalui rute a, b, c, dan d.


Adjacency
Adjacency merupakan ukuran kedekatan antar fasilitas. Dalam perancangan tata letak model SLP, sering digunakan ukuran adjacency yang biasa digunakan untuk mengukur tingkat kedekatan antar fasilitas yang satu dengan fasilitas yang lain. Menurut Purnomo (2004), Kelemahan dari cara ini adalah tidak dapat memberikan perbedaan secara riil jika terdapat dua fasilitas dimana antara satu dengan yang lain tidak pada kondisi berdekatan.

semoga bermanfaat,..
=========================================================================
  •  Heragu , S.S. (2008), Facilities Design, 3rd edition, CRC Press, New York.
  •  Purnomo, H.(2004), Perencanaan & Perancangan Fasilitas, Graha Ilmu, Yogyakarta

6 komentar:

  1. kalau untuk mengukur lokasi objek yang berada di dalam ruangan lebih baik menggunakan apa ?
    contoh misalkan di dalam sebuah ruangan kemudian dalam 1 ruangan tersebut saya bagi menjadi 6 / 9 kotak agar dapat mempermudah mengetahui posisi objek tersebut berada. yang saya tanyakan saya menghitung lokasi tersebut menggunakan perhitungan / algoritma apa ?
    terima kasih sebelum nya

    BalasHapus
  2. kalau untuk mengukur jarak kota pada peta lebih baik menggunakan yang mana ya?

    BalasHapus
  3. Contoh jarak rectilinear apa aja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Misal anda mau bergerak secara lurus (euclidean) tapi tidak bisa krn di tengah2 ada halangan seperti pohon, maka anda gerak ke x dulu baru ke y.

      Hapus
  4. Mau nanya,kenapa nilai rectilinear posisi mohon bantuannya

    BalasHapus